|
home>news>berita:44/AUSTRALIA>

KJRI Sydney Uji Coba SIMKIM Mobile di Newcastle

Newcastle, Sydney: Bekerja sama dengan Indonesian Australian Community wilayah Newcastle dan Hunter Region, Negara Bagian New South Wales (NSW), KJRI Sydney melakukan pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian secara jemput bola bagi WNI di Newcastle dan sekitarnya, Minggu (16/7).

Kegiatan pelayanan selain merupakan bagian dari program reguler KJRI Sydney bagi WNI di NSW yang tinggal jauh dari Kota Sydney, maupun yang berdomisili di Queensland serta South Australia. Ini juga sekaligus merupakan kesempatan KJRI Sydney mengujicoba SIMKIM mobile dalam melayani aplikasi paspor bagi warga.

Pada awal Juni 2017, seluruh Perwakilan RI di Australia, sesuai amanat UU Keimigrasian RI, telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) dalam pelayanan paspor dan visa. SIMKIM mengharuskan warga untuk datang langsung ke KJRI untuk membuat paspor. Di satu sisi, wilayah kerja KJRI Sydney yang mencakup 3 negara bagian, yaitu NSW, Queensland, dan Australia Selatan menjadi tantangan tersendiri dalam melayani warga. Namun tantangan tersebut dapat diatasi dengan adanya alat SIMKIM mobile.

Bagi warga, terobosan pelayanan SIMKIM dan pelayanan kekonsuleran jemput bola yang dilakukan KJRI ini sangat bermanfaat dan memudahkan karena mereka tidak perlu jauh-jauh datang ke Sydney. Seorang warga mengungkapkan kegembiraannya karena dengan kehadiran tim KJRI ini, ia langsung dapat mengajukan pembuatan paspor, tanpa harus melakukan perjalanan lebih dari dua jam dari Newcastle ke Sydney. Sementara beberapa warga lain yang meminta pelayanan kekonsuleran menyatakan bersyukur karena tidak perlu jauh-jauh datang ke Sydney.

Melalui kegiatan pelayanan ini, SIMKIM mobile telah teruji dapat melayani kebutuhan WNI yang berdomisili jauh dari kota Sydney, maupun di negara bagian Queensland dan Australia Selatan.

(Sumber: http://www.kemlu.go.id/id/berita/berita-perwakilan/Pages/KJRI-SYDNEY-LAKUKAN-UJI-COBA-SIMKIM-MOBILE-DAN-PELAYANAN-KEKONSULERAN-DI-NEWCASTLE.aspx )