|
home>news>

Berita Dari Perwakilan RI

Ini Hasil Diskusi Kepala BNP2TKI dengan Asosiasi Perawat Indonesia di Sydney

Pada kesempatan kunjungan kerja ke Australia, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid bertatap muka dengan perwakilan asosiasi-asosiasi perawat Indonesia di Sydney, Australia, Senin (18/9/2017). Hadir dalam dialog tersebut, para ketua serta anggota Indonesia Muslim Nurses Association (IMNA) dan Indonesia Christian Nurses Association in Australia (ICNAA), Direktur Kerja Sama Luar Negeri dan Promosi BNP2TKI Freddy Panggabean, Kepala IIPC, dan Pejabat Fungsi Ekonomi KJRI Sydney.

"Dialog dengan pelaku di lapangan seperti ini memberikan kami first-hand insights tentang seluk-beluk pasar kerja Australia di sektor keperawatan sehingga kami dapat menyusun kebijakan yang efektif dalam menyiapkan TKI kita dan menentukan pintu masuk yang tepat ke pasar Australia," jelas Nusron.

Para perawat yang hadir membagikan pengalaman mereka mendapatkan pekerjaan di Australia serta perkembangan terkini mengenai tingginya permintaan akan tenaga perawat asing di Australia.

"Terlepas dari kemampuan Bahasa Inggris yang perlu diperkuat, kualitas tenaga perawat Indonesia tidak kalah dengan tenaga perawat asing dari negara lain", Ketua ICNAA Eranita Lamplough menjelaskan. Kesempatan bagi perawat Indonesia sangat besar karena kebutuhannya terus meningkat. Namun kompetisi juga semakin ketat karena banyaknya perawat asal negara lain yang berdatangan ke Australia.

Menurut Eranita, Pemerintah Indonesia dapat membina kemitraan antarlembaga pendidikan tinggi Indonesia dan Australia sebagai salah satu pintu gerbang bagi perawat Indonesia bekerja di Australia.

"Jalur lain yang ditempuh adalah kontak lansung dengan asosiasi perawat atau lembaga nursing home yang dapat menyalurkan tenaga perawat," demikian disampaikan Irwan Anang, perwakilan IMNA yang juga menjabat sebagai General Manager sebuah aged care di Sydney.

Nusron mengharapkan para perawat Indonesia yang telah berhasil meniti karirnya di Australia, seperti manajer nursing home, dapat membantu membuka akses bagi calon TKI Indonesia ke Australia.

Kepala BNP2TKI berkunjung ke Sydney pada 18-19 September 2017 dalam rangka menjajaki peluang penempatan TKI sektor kesehatan dan pariwisata ke Australia. Dalam kunjungan ini, Nusron juga menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Peningkatan Pelayanan Publik dan Perlindungan WNI yang dituanrumahi Konsulat Jenderal RI di Sydney dan mengunjungi sejumlah lembaga Pendidikan vokasi di Sydney, Australia.

 

Sydney, 20 September 2017

Fungsi Ekonomi

KJRI Sydney

Edited by: Tim Media KJRI Sydney

(Sumber : http://www.kemlu.go.id/sydney/id/berita-agenda/berita-perwakilan/Pages/Ini-Hasil-Diskusi-Kepala-BNP2TKI-dengan-Asosiasi-Perawat-Indonesia-di-Sydney.aspx )

Selengkapnya »

Perkuat Daya Saing TKI Sektor Pariwisata, Kepala BNP2TKI Kunjungi Evolution Hospitality Institute Australia

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid pada kunjungan kerjanya ke Australia mendatangi kampus lembaga pelatihan vokasi sektor pariwisata Evolution Hospitality Institute, di Sydney, Australia, Selasa (19/09/2017). Kepala BNP2TKI didampingi Duta Besar RI untuk Australia Kristiarto S. Legowo, Konsul Jenderal RI Sydney Yayan G. H. Mulyana, Kepala Indonesia Investment Promotion Center (IIPC), dan Pejabat Fungsi Ekonomi KJRI Sydney.

Dalam kunjungan ini, Delegasi RI diterima oleh CEO/Founder Mr. Stuart Page. "Kami menyambut baik peluang membangun jejaring dengan Pemerintah Indonesia, khususnya mengingat jumlah siswa Indonesia di kampus Evolution cukup banyak," ujarnya.

Dalam pertemuannya dengan pihak Evolution, Nusron membahas tentang kompetensi dan sertifikasi yang dibutuhkan oleh industri hospitality di Australia. Nusron juga menjajaki berbagai peluang kerja sama peningkatan keterampilan dan penempatan kerja TKI sektor pariwisata di Australia, baik di bidang tata boga (cooking) maupun tata graha (housekeeping).

"Kami ingin tingkatkan penempatan TKI sektor pariwisata ke Australia. Oleh karena itu, BNP2TKI terus menggenjot daya saing TKI sektor hospitality (pariwisata) agar dapat memenuhi kompetensi pasar kerja di Australia", Nusron menjelaskan.

Australia menjadi salah satu negara tujuan yang cukup menarik minat para pelajar Indonesia maupun TKI sektor pariwisata. Tercatat sekitar 200 siswa asal Indonesia sedang menempuh pelatihan di kampus Evolution; menempatkan Indonesia pada urutan ke-2 setelah Korea Selatan untuk jumlah siswa terbanyak di kampus tersebut. Nusron sempat bertatap muka dengan dua orang di antaranya, Nia dan Futri, yang sedang menjalankan on the job training di salah satu restoran milik Evolution.

"Kami mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan daya serap TKI, termasuk melalui peningkatan penempatan kerja ke Australia. Seluruh Perwakilan RI di Australia mendukung upaya networking seperti ini demi menjamin akses yang lebih baik bagi TKI kita di pasar kerja Australia", Dubes RI menjelaskan.

Konjen RI menambahkan, "KJRI akan memastikan hasil-hasil pertemuan dengan Evolution ditindaklanjuti".

Kepala BNP2TKI berkunjung ke Sydney pada 18-19 September 2017 dalam rangka meningkatkan akses bagi TKI sektor keperawatan dan pariwisata ke pasar kerja Australia.

 

20 September 2017

Fungsi Ekonomi KJRI Sydney

(Sumber : http://www.kemlu.go.id/sydney/id/berita-agenda/berita-perwakilan/Pages/Perkuat-Daya-Saing-TKI-Sektor-Pariwisata,-Kepala-BNP2TKI-Kunjungi-Evolution-Hospitality-Institute-Australia-.aspx )

Selengkapnya »

Penuhi Kebutuhan Paspor, KJRI Sydney Hadir di Tengah Masyarakat

Sydney, Australia: Puluhan warga Indonesia berkumpul di Broadbeach Gold Coast untuk membuat dan memperbaharui paspor mereka pada Sabtu, 2 September 2017. Selain itu, warga juga mendapatkan juga pelayanan kekonsuleran berupa legalisasi dokumen, pembuatan surat kuasa dan pelaporan diri. Kegiatan ini dihadiri tidak hanya oleh warga di Gold Coast tetapi juga dari Brisbane dan Byron Bay yang berjarak 1,5 jam perjalanan darat. Sehari sebelumnya, pelayanan juga dilakukan di salah satu rumah warga, untuk mempercepat proses pembuatan Paspor RI.

Acara yang sekaligus dimanfaatkan warga untuk merayakan HUT RI dimeriahkan dengan lomba-lomba tradisional Indonesia dan hiburan lain serta bazaar makanan Indonesia.

Pelayanan ini merupakan keempat kali upaya jemput bola oleh KJRI Sydney sejak diterapkannya SIMKIM Paspor RI oleh seluruh Perwakilan RI di Australia pada Juni 2017 yang lalu. Dengan persiapan yang matang, dibantu panitia dari komunitas Indonesia di Gold Coast, pendataan kebutuhan pelayanan jauh sebelum pelaksanaan, sangat membantu kelancaran proses pelayanan kepada warga.

Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

Dalam kesempatan tersebut, KJRI Sydney juga menjelaskan secara garis besar kepada warga mengenai peluncuran Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN). Apa manfaatnya, siapa saja yang berhak, bagaimana prosesnya dan bagaimana cara mendapatkannya. Dijelaskan bahwa pada intinya KMILN merupakan bentuk pengakuan pemerintah RI kepada masyarakat Indonesia di luar negeri. Kartu ini merupakan tanda pengenal yang dapat digunakan WNI sebagai pengganti KTP. Sifat pengajuan adalah sukarela, tidak wajib dan gratis.

Kartu sudah dapat diajukan melalui https://iocs.kemlu.go.id

Link tanya jawab mengenai KMILN: https://www.facebook.com/diaspora.ri.1/posts/1131299387004214

Sydney, 3 September 2017
Fungsi Konsuler

KJRI Sydney

(Sumber : http://www.kemlu.go.id/id/berita/berita-perwakilan/Pages/Penuhi-Kebutuhan-Paspor-Bagi-Warga-Indonesia,-KJRI-Sydney-Hadir-Di-Tengah-Masyarakat-Indonesia-di-Gold-Coast.aspx )

Selengkapnya »

KJRI Sydney Uji Coba SIMKIM Mobile di Newcastle

Newcastle, Sydney: Bekerja sama dengan Indonesian Australian Community wilayah Newcastle dan Hunter Region, Negara Bagian New South Wales (NSW), KJRI Sydney melakukan pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian secara jemput bola bagi WNI di Newcastle dan sekitarnya, Minggu (16/7).

Kegiatan pelayanan selain merupakan bagian dari program reguler KJRI Sydney bagi WNI di NSW yang tinggal jauh dari Kota Sydney, maupun yang berdomisili di Queensland serta South Australia. Ini juga sekaligus merupakan kesempatan KJRI Sydney mengujicoba SIMKIM mobile dalam melayani aplikasi paspor bagi warga.

Pada awal Juni 2017, seluruh Perwakilan RI di Australia, sesuai amanat UU Keimigrasian RI, telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) dalam pelayanan paspor dan visa. SIMKIM mengharuskan warga untuk datang langsung ke KJRI untuk membuat paspor. Di satu sisi, wilayah kerja KJRI Sydney yang mencakup 3 negara bagian, yaitu NSW, Queensland, dan Australia Selatan menjadi tantangan tersendiri dalam melayani warga. Namun tantangan tersebut dapat diatasi dengan adanya alat SIMKIM mobile.

Bagi warga, terobosan pelayanan SIMKIM dan pelayanan kekonsuleran jemput bola yang dilakukan KJRI ini sangat bermanfaat dan memudahkan karena mereka tidak perlu jauh-jauh datang ke Sydney. Seorang warga mengungkapkan kegembiraannya karena dengan kehadiran tim KJRI ini, ia langsung dapat mengajukan pembuatan paspor, tanpa harus melakukan perjalanan lebih dari dua jam dari Newcastle ke Sydney. Sementara beberapa warga lain yang meminta pelayanan kekonsuleran menyatakan bersyukur karena tidak perlu jauh-jauh datang ke Sydney.

Melalui kegiatan pelayanan ini, SIMKIM mobile telah teruji dapat melayani kebutuhan WNI yang berdomisili jauh dari kota Sydney, maupun di negara bagian Queensland dan Australia Selatan.

(Sumber: http://www.kemlu.go.id/id/berita/berita-perwakilan/Pages/KJRI-SYDNEY-LAKUKAN-UJI-COBA-SIMKIM-MOBILE-DAN-PELAYANAN-KEKONSULERAN-DI-NEWCASTLE.aspx )

Selengkapnya »