|
home>news>berita:37/OMAN>

KBRI dan Diaspora Indonesia di Oman Gelar Seminar Pendidikan Anak

KBRI Muscat dan Diaspora Indonesia di Oman kembali berkolaborasi dengan menggelar seminar pendidikan bertema "Mengenalkan Pendidikan Seks Sejak Dini Kepada Anak", bertempat di Gedung Konsuler KBRI pada tanggal 29 April 2017. Seminar ini menghadirkan langsung narasumber pakar pendidikan anak usia dini, Vina Adriany, M.Ed., Ph.D., Ketua Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini dari Universitas Pendidikan Indonesia yang saat ini tengah menjadi dosen tamu di Sultan Qaboos University.

Topik seks, khususnya pendidikan seks kepada anak, memang kerap dianggap tabu oleh sebagian masyarakat. Kehadiran seorang ahli seperti Vina Adriany diharapkan dapat menyingkap tabu tersebut dan memberikan edukasi kepada orang tua tentang cara-cara yang tepat dalam memberikan pemahaman tentang seks kepada anak serta melindungi anak dari kekerasan seksual.

Dalam sambutannya ketika membuka acara, Dubes RI untuk Oman, Musthofa Taufik Abdul Latif, mengapresiasi banyaknya kegiatan positif yang telah dilakukan Diaspora Indonesia di Oman. Hal ini diharapkan dapat mempererat hubungan kekeluargaan di antara masyarakat Indonesia di luar negeri. Dubes Musthofa juga menyatakan bahwa topik yang diangkat sangat relevan dengan situasi yang dihadapi orang tua saat ini ketika informasi sangat terbuka dan mudah diakses oleh siapapun, termasuk anak-anak kita.

Para peserta tampak sangat antusias mengikuti seminar yang berlangsung selama dua jam tersebut, khususnya ketika memasuki sesi tanya jawab. Bahkan sebagian dari mereka meminta sesi pribadi dengan narasumber karena keterbatasan waktu yang dialokasikan. Vina sendiri merasa senang bisa membagi ilmunya kepada masyarakat Indonesia di Oman dan menyatakan kesiapan untuk memberikan seminar jarak jauh bagi mereka sekembalinya ke tanah air

(Sumber : http://www.kemlu.go.id/muscat/id/berita-agenda/berita-perwakilan/Pages/seminar-pendidikan-anak.aspx )