|
home>news>

Berita Dari Perwakilan RI

KBRI New Delhi selenggarakan Sosialisasi Kekonsuleran dan Perlindungan WNI dan BHI di Kolkata

Sabtu, 13 Mei 2017, bertempat di Saturday Club, Kolkata,l KBRI New Delhi menyelenggarakan temu masyarakat Indonesia yang berdomisili di Kolkata dan sekitarnya dalam rangka Sosialisasi Kekonsuleran dan Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI). Sosialisasi dihadiri oleh tidak kurang dari 22 WNI yang berdomisili di Kolkata. Kegiatan dibuka oleh Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) RI New Delhi dilanjutkan dengan sambutan oleh Konsul Kehormatan RI di Kolkata, Mr Mahesh Kumar, sesi pemaparan, dan tanya jawab.

Dalam sambutan pembukaannya, KUAI RI New Delhi, Dalton Sembiring menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia senantiasa menjadikan perlindungan WNI dan BHI di luar negeri menjadi salah satu prioritas utama kebijakan luar negeri Indonesia. Melalui Kantor Perwakilan RI di luar negeri, Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk memastikan kehadiran negara bagi WNI dan BHI di luar negeri, baik melalui upaya preventif maupun responsif. KBRI New Delhi juga telah menerjemahkan kebijakan tersebut menjadi salah satu sasaran strategis KBRI New Delhi dan karenanya, KBRI New Delhi selalu berupaya untuk membantu para WNI dan BHI dalam pencegahan dan penyelesaian masalah-masalah yang mereka hadapi di India.

Para peserta juga berkesempatan menyimak paparan Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI New Delhi mengenai masalah yang dihadapi oleh WNI di India, upaya perlindungan WNI dan BHI di India yang dilakukan oleh KBRI New Delhi, dan langkah preventif yang perlu menjadi perhatian WNI di India. Selama sesi diskusi, masalah pelanggaran hukum setempat yang dilakukan oleh WNI karena ketidaktahuan; usulan pembuatan grup media sosial yang beranggotakan WNI di kota/wilayah setempat untuk memudahkan konsultasi antar sesama WNI maupun dengan KBRI/KJRI; proses naturalisasi WNA; dan affidavit anak berkewarganegaraan ganda terbatas menjadi perhatian peserta dan mendominasi sesi diskusi.

Seluruh rangkaian acara berjalan dengan baik. WNI peserta sosialisasi berharap kegiatan yang sama dapat dilaksanakan setiap tahun dan diikuti dengan kegiatan promosi kebudayaan Indonesia.

(sumber : http://www.kemlu.go.id/newdelhi/id/berita-agenda/berita-perwakilan/Pages/KBRI-selenggarakan-temu-masyarakat-indonesia-di-kolkatta.aspx )

Selengkapnya »